Postingan

Menampilkan postingan dari Januari, 2012

'Pulang Kampung' - Ujung Kulon Edisi 2

Gambar
Sebelum ada salah paham, gw ingin menjelaskan dulu, gw anak kelahiran jakarta yang sayangnya tidak punya 'kampung halaman'. Jadi judul pulang kampung ini gw ambil, karena ketika gw jalan ke tempat ini, salah seorang teman seperjalanan gue bilang "eh sadis, berasa pulang kampung ya lo disini." dan akhirnya inilah yang menginspirasi gue menulis hal ini. 
beberapa bulan  yang lalu, gw cerita panjang lebar tentang sebuah tempat indah yang berada di ujung barat pulau jawa bernama ujung kulon. gw udah cerita betapa gw kagum dengan pemandangan alamnnya dan terutama orang-orangnya yang luar biasa ramah dan terbuka pada wisatawan dan dengan sebuah sentuhan kecil dari Tuhan, gw bisa balik lagi kesana dengan biaya yang sangat murah (disponsorin sama salah seorang ketua gw yang sangat baik hati ;))

Akhirnya tepat tanggal 23-30 kemarin adalah seminggu perjalanan gw bersama salah satu organisasi pecinta alam di kampus gw. Tujuan dari perjalanan kali ini sedikit berbeda dari terak…

Dilematis Pecinta Alam

Gambar
Dalam tulisan kali ini gw bener-bener mau ninggalin formalitas menggunakan kata "saya", dan mau menulis dengan apa adanya...

Dari SMP, mungkin dari jaman gue SD kali ya, abang sepupu gue udah dengan sukses manas-manasin gue untuk naik gunung. Zaman gw SD dulu, dia sering banget cerita soal gunung 5S (salak, selamet, Sindoro, Sumbing, Semeru). Sering banget liat dia pergi bawa-bawa tas gede (carier), trus pulangnya bisa ga bangun seharian, dan kalo gw ga salah inget, pertama kali gw 'bener-bener' diajak naik itu ketika gw SD, di kaki gunung Selamet dan itu gw ga beneran naik karena abang gw nge-gendong gw dengan alasan 'ah, biasa bawa carier gw, ga enak nih ga bawa apa-apa dipunggung.' cuma beberapa jam doang ditengah-tengah hutan. dan sejak saat itu, satu niat gue: gue harus masuk klub pecinta alam. 
Dan sebuah kenyataan pahit gw terima,  SMP dan SMA gue ga ada club pecinta alam.Ketika gw udah SMA dan udah bisa 'beneran' naik gunung, eh abang sepupu g…

Paradise Waterfall - Galunggung Jawa Barat

Gambar
Galunggung ialah sebuah gunung berapi yang masih aktif dan berlokasi di wilayah kabupaten tasikmalaya. Perjalanan ke gunung ini sebenarnya tidak seperti perjalananan saya yang  lainnya, tidak terlalu di rencanakan dan hanya mengandalkan "just go with the flow''. Dan itulah akhirnya yang membawa saya tiba di Gunung yang terbilang ramah wisatawan ini. Kenapa saya bilang 'ramah' wisatawan? karena untuk mencapai bibir kawah anak galunggung bisa dicapai menggunakan mobil dan dilanjutkan dengan meniti 620 anak tangga yang biasanya bisa ditempuh dalam waktu 15 menit. Walaupun demikian, saya dan kedua teman perjalanan saya memutuskan untuk berjalan dari pos utama yang terletak kira-kira 2-3 km dari bibir kawah. jalanan menuju bibir kawah sudah diaspal, jadi untuk yang mau membawa kendaraan pribadi tidak perlu lagi takut dengan jalur berlubang. Kemiringan jalan cukup tinggi berkisar 35-60 derajat. (ini kira-kira sih) so, buat yang bawa mobil ber cc kecil harap hati-hati k…