Ujung Genteng

baru-baru ini saya dan beberapa teman dari luar negeri akhirnya pergi ke sebuah tempat di selatan jawa, indonesia.
Sebenarnya sudah sejak lama saya mau ke tempat ini, tetapi berhubung kekurangan anggota dan jarak yang cukup jauh akhirnya baru 5-7 agustus 2011 saya bisa menikmati alam ujung genteng.

karena pada saat ini adalah bulan puasa, saya memutuskan untuk melakukan perjalanan menuju ujung genteng dimalam hari. So, akhirnya tepat pukul 8 malam saya berangkat dari Jakarta menempuh rute : Jakarta - Ciawi - Sukabumi - Lembur Situ - Surade - Ujung Genteng (Pelelangan Ikan).
Kondisi jalan menuju Ujung genteng 90% baik so ga usah khawatir jalannya bolong2 ga bisa dilewatin model, cuma beberapa jalan aja yang sedikit rusak tapi masih bisa dilewatin sama mobil xenia saya. yang jelas jalanan sangat berkelok-kelok dari Sukabumi- Surade, jadi bagi yang ga tahan lewat jalanan sempit yang kanan-kiri jurang lebih baik minum obat anti mabok hehehe..

nah lama perjalanan saya dari jakarta yakni 8 jam :D
tanpa macet, mungkin karena malem dan ini bulan puasa kali yaa..

hari pertama saya dan abang saya sempat kebingungan nyari-nyari tempat buat camp, dan akhirnya setelah mencari-cari tempat kita dapet juga tempat dibelakang warungnya Pak Edy, tempatnya strategis banget buat camp. ada kamarmandinya juga, jadi ga usah jauh-jauh cari semak-semak kalo mau 'ngapa'2 in hahaha..

dan langit malam hari pertama saya di ujung genteng sangat bersih, jadi selama hidup saya baru kali itu saya melihat langit yang bener-benar bertabur bintang.

Besok paginya setelah makan pagi, kita kemas-kemas tenda dll, dan menuju curug cikaso.
and... Damn! it's heaven on earth! awalnya sih kecewa, karena musim panas, jadi airnya kecil banget dari atas air terjun. Tapiii... berkat itu kita bisa renang2 ria di curug cikaso. dengan air yang sangaat segar dan bersih. suasananya sepi pula, kalo kata guide kita, sepi karena puasa mana ada orang yang mau jauh-jauh main ke curug. (this's a little touched by god!)

nah untuk sampe ke curug cikaso ini, kita balik arah lagi dari TPI ujung genteng ke arah surade dan dilanjutkan dengan naik perahu labil yang cuma 5 menit. Dari TPI ujung genteng ke Cikaso kira-kira 1 jam (blum ditambah waktu nanya-nanya heheh)

tapi Worthed banget kok curug cikaso ini!

karena pantai di TPI ujung genteng ga bisa dibuat berenang (bisa sih sebenernya) karena dangkal banget, akhirnya kita memutuskan untuk mencari lagi pantai yang bisa dipake buat berenang. dan setelah tanya sana-sini ada dua target : pasir putih atau mina jaya.
karena katanya mina jaya lebih dekat dari cikaso (yang ternyata memang ga jauh-jauh amat, tapi jalanannya rusak parah) kita kesana..

dan sesampainya disana kita malah ketemu sama pantai yang banyak karangnya, sedangkan kalo mau ke pantai yang berpasir landai harus jalan kaki dan mobil ga bisa masuk (sempat jalan dihalangi seekor sapi- it's like nowhere banget deh tempatnya)

TAPI... mina jaya juga tempat yang worthed banget buat didatengin apalagi buat hunting foto. bayangin aja ditengah-tengah laut ada pulau pasir kecil.. yang kayak di film pirates of Caribbean itu tuh (pas lagi jack sparrow bargaining sama davy joanes)

nahh.. karena kita nyari laut buat main-main air, kita cuma sebentaran aja disini dan langsung balik lagi ke ujung genteng dan menuju cibuaya(yang katanya ga banyak karang dan bisa buat berenang) ..

1 jam kemudian...

krik krik...

mobil xenia saya sudah dipake ber-offroad ria dipinggir pantai menuju pantai ini..
dan VOILA!
ketemu juga pantai yang bagus. Gradasi lautnya bener-bener jelas dan pasirnya putih. tapi arusnya itu.. wuiihhh .. ombaknya juga besar banget.. dan alhasil kita cuma leyeh-leyeh dipinggir pantai. sementara beberapa bule-bule yang saya bawa udah excited banget mau berenang... eh ternyata pantai itu bahaya buat berenang (yaiyalah arusnya aja kelihatan dari jauh apalagi berenang didalemnya, bisa ga balik lagi -____-)

dan masih belum menyerah juga, kita melanjutkan perjalanan kita menuju pantai penyu setelah jalananan habis (read: bener-bener udah ga ada jalan lagi buat mobil) akhirnya kita sampe juga didaerah konservasi penyu, dan pantainya... wuihhh..
pasirnya bersih (walaupun ga putih), bibir pantainya luas dan sepi!

jadilah ini destinasi terkahir kami di hari ke dua, karena kita juga mau berburu sunset, akhirnya hari itu kita habiskan di pantai Pangumbahan hingga sunset. (Great Sunset!)
selain sunset juga kita ngelepasin penyu-penyu kecil dipantai ini (red: tukik), unique experience!

karena pantai ini anginnya sangat besar akhirnya kita memutuskan untuk nge-camp di belakang warung pak edy lagi hehehe.. dan malamnya kita pesta kembang api. wow!

Hari ketiga kita berangkat dari Ujung Genteng pukul 10 pagi dan pukul 3 sore kita udah di ciawi (entah kenapa perjalanan pulangnya jadi lebih cepet), nah karena waktu masih sore, akhirnya kita lanjut deh ke puncak pass.
Akhirnya kami tiba dijakarta pukul 8 malam dengan sehat wal'afiat walaupun kekurangan 1 matras yang hilang entah dimana haha.

Cost:
Tempat Camp 2 hari : Rp. 55.000
Kembang api: Rp. 50.000

Total : Rp. 1.059.000 / 7orang

Untuk masuk wilayah Ujung Genteng Sebenernya kena lagi retribusi sekitar Rp. 8000/orang tapi karena saya datangnya malam hari jadinya ga kena retribusi + ada kartu anggota garnisun juga. jadi Free biaya masuk.

Untuk link foto: http://www.facebook.com/media/set/?set=a.2081121500579.2116657.1021312619&type=1