The Beauty Of Jakarta - Pulau Tidung - Season 2

lanjuuttt...


akhirnya setelah kita mengarungi samudera hampir 3 jam lamanya(dan diselingi tidur yang pulas beberapa menit), saya dan teman" sampai juga dipulau tidung dan disambut oleh Pa Asep-yang punya penginapan gitu(baca: kamar rumahnya yang dijadiin home stay)

FYI: di kapal kita bersama dengan anak-anak SMA kelas 11(mungkin-dilihat dari pembicaraan mereka) yang pada gaya-gaya-an gitu di depan kapal (bayangkan Goo Joon Pyo diatas kapal yacht pribadinya) dan beberapa saat kemudia, salah seorang diantara mereka masuk ke dalam kapal dan terduduk pucat, dan ternyata dia mabuk laut hahaha...padahal sedari tadi gayanya udah poll abis.

Dan ketika kita mau turun ada seorang lagi penumpang yang merupaka orang travel (seumuran sama kita kayaknya) ngomong gini ke kita, "wah, tuh anak-anak lebih gila lagi." sambil nunjuk sekumpulan anak SMA itu. "Kenapa ?"tanya kita. "mereka nggak tau kalo kapal buat balik ke jakarta adanya besok pagi, katanya mereka cuma mau jalan-jalan bentar trus abis itu pulang"
dan kita pun tertawa senang *adegan ini jangan ditiru* "HAhahahaha... beneran mau piknik doang tuh anak"" kata gw sambil nunjuk salah satu anak yang bawa tiker gulung..

Ternyata kita masih beruntung sempet cari" info di internet sama ada kontak person di Tidung, kalo nggak bisa-bisa kita bertiga kayak anak-anak SMA itu, yang cuma bermodalkan tiker hahaha..

setelah kita meletakan barang-barang di rumah pa asep, kita makan sore dulu *berhubung udah jam 03.30*, trus solat dan lanjut ke JEMBATAN PULAU TIDUNG, YIPPIE!
setelah memutuskan kita nggak mau snorkeling-an, karena setelah dipikir" sama aja ngeliat pake kacamata renang sama kacamata snorkeling, dan dipikir" kita bisa renang jadi nggak perlu life jacket*sombong nih ceritanya* hahaha, akhirnya kita memutuskan untuk nyewa sepeda aja.

Pilih-pilih sepeda dan wina amalia memang beruntung, karena dia dapet sepeda yang nggak ada rem-nya ahahahahah *lagi-lagi ketawa jahat* dan bersusah payah menyusul gw dan ita yang bersepeda gita gutawa*taukan kayak apa sepedanya??* dengan cepatnya.

dan ternyata ada PARKIR SEPEDA di lokasi sebelum jembatan tidung, jadilah kita parkir sepeda disitu. dan setelah kita sampai didepan jembatan, kita mulai melihat banyak orang yang pada ngumpul diatas jembatan ataupun snorkeling-an dibawahnya.. dan banyak sampah-sampah rumput laut gitu... =.= alhasil kita cari spot lain, dan liat boleh liat ada orang snorkeling-an di ujung yang lain dan sepertinya dangkal, jadilah kita kesana, dan ternyata emang spotnya lebih bagus.. tetapi berhubung kita nggak ada yang nyewa life jacket*sedikit menyesal nih*, kita main" aja dipinggiran hahahah

trus kita pindah spot lagi, ke bawah jembatan-yang banyak orang itu(nggak kayak ancol klo lagi liburan kok :) ) ... nah karena ada sesuatu yang melingkar-lingkar dan berbulu, yang ternyata adalah tanaman laut gitu, si Ita akhirnya nggak nyebur dan cuma gw dan wiina yang menyeburkan diri...kedalamannya cuma sepaha dan nggak ada apa-apa selain pasir, akhirnya gw berenang lagi ke tengah-an... dan masih nggak ada apa-apa, dengan kesal gw berbalik pergi trus ngoceh-ngoceh ke ita yang dipinggir jembatan, "Ini mananya sih yang bagus??" dan berhubung gw melihat keramaian orang" yang pada lompat dari atas jembatan*yang terkenal itu* akhirnya gw memutuskan untuk loncat juga.. :)


sampai diatas jembatan >>
ada dua orang pacaran yang lagi sibuk berdebat siapa yang loncat duluan "yang, kamu temennin aku dong."kata si cewe.
"ya, udah kamu aja duluan."kata si cowo.
"yah, barengan dong, aku takut." kata si cewe lagi.
"Ya, kamu aja sana yang lompat!"kata si cowo kesal.
dan berhubung mereka menghalangi gw jalan, akhirnya gw menginterupsi mereka "permisi.." sambil pasang tampang pongah gitu mau lompat *jiahahaha >.<*

akhirnya gw ngasih aba-aba ke juru foto a.k.a wina "Udah?!" tanya gw.
"OKEE!" kata si juru foto pasti.
BYUR! akhirnya gw pun lompat ke laut yang lumayan dalam itu*yaiyalah dalem kalo nggak udah masuk UGD gw* dan kacamata renang gw hilang dilaut yang berwarna kehijauan itu...ditambah lagi..

"YAH, LI! gw nggak dapet gambarnya! lo lompat lagi dah!" teriak wina.
ni bocah enak banget nyuruh gw lompat lagi, akhirnya dengan sedikit mengelus-elus bagian belakang tubuh gw *Piiiip* gw berteriak, "NGGAK AH! ENAK AJA LO! PAN*** GW SAKIT NIH!"

anyway setelah akhirnya gw sedikit mengeluh karena hilangnya kacamata renang gw yang sudah usang itu, setelah gw merelakannya-arus bawah laut ternyata kencang saudara-saudara padahal atasnya tenang banget, akhirnya kita memutuskan untuk menikmati jembatan pulau tidung.. dan gw sempat berkata.. "ahh... sedikit menyesal nih gw kesini.", tapi setelah melewati jembatan itu beberapa saat barulah saya menyadari letak keindahan pulau tidung >>



airnya bening, banyak terumbu karang besar gitu dan ada beberapa ikan warna-warni yang seliweran...pokoknya bagus deh, nah disinilah kita menyadari bahwa ternyata emang harus bermodalkan life jacket dan fin untuk menikmati alam bawah lautnya tidung, soalnya tempatnya dalem udah gitu untuk naik ke atasnya lagi-ke daratan- harus berenang cukup jauh hahaha dan akhirnya kita nikmatin aja apa yang bisa diliat dari atas jembatan . udah gitu jembatan antar pulaunya emang keren >.< Selain itu, sebenernya pantai pulau tidung juga bagus, pasirnya putih dan halus... sayanya banyak sampah ranting dan sampah" plastik di tidung besar jadinya yaa... nggak terekspos deh pantainya. Untuk Bapak Fauzi Bowo : "Pak, bapak tau ga sih di jakarta ada pariwisata bagus yang hanya sedikit lagi perlu diolah? sehingga orang" nggak perlu dengan berbondong" pergi ke bali dengan noraknya. Coba bapak pikirkan kalo aja pulau seribu ramai turis dan sarana juga infrastruktur ke pulau seribu diperbaikki, pasti banyak devisa yang bisa didapet."

setelah berlama-lama ria diatas jembatan sambil nunggu sunset (kita nggak ke tidung kecil, karena kelamaan diatas jembatan dan keburu gelap hahaha) dan akhirnya gw berkata.. "Nggak jadi nyesel deh gw kesini, hahaha... tempatnya bagus ternyata." di sepanjang jembatan kita bertiga berasa lagi di seaworld...bisa liat bawah laut dari atas jembatan dan dikit-dikit bilang "eh,eh ada ikan tuh!" atau "Ih, ini bulu babi? banyak amat.." lalu sedikit berandai-andai bagaimana jadinya kalo kita yang nggak pake life jacket ini main terjun aja ke laut dan ketusuk sekawanan *jiahelah >.<* bulu babi yang banyak itu, bisa-bisa langsung mati gaya deh*dalam artian yang sebenarnya*

dan setelah kita menikmati sunset yang sangat indah... kita memutuskan untuk kembali ke penginapan dan solat dulu..

kembali ke penginapan>>
karena semuanya pengen buru"mandi akhrinya kami bertiga hompipah dulu sebelum masuk rumah, pemenangnya boleh mandi duluan*walaupun dengan air payau*hahaah..
dengan kamar yang memiliki fasilitas kipas angin ini-dimana angin bertiup sepoi-sepoi setelah kami semua mandi dan solat isya, kita bertiga memutuskan untuk tidur"an dulu sebelum jalan-jalan malam mencari jajanan, karena hawa mengantuk yang tinggi.

"Mau stel alarm jam berapa nih?" tanya ita.
"Jam 8 aja." jawab gw.
"lah.. itu mah tinggal 20 menit lagi li."kata ita
*anyway si wina udah pasang headset trus tidur"an dan tidak mendengar apa"*
"yaudah jam 8.30 aja."akhirnya gw memutuskan.

jam 8.30...>> gw liat ita lagi matiin alarm, dengan wajah mengantuk, wiina udah nggak tau sampe di pulau apaan ahahah

jam 04.00 >> yak, dan akhirnya kita tertidur sampai jam 4 pagi dan karena kita masih penasaran mau naik kapal dari marina, kita bangun pagi banget dan langsung ke dermaga sambil bawa" sarapan (baca: roti dan taro juga air minum)

04.30-dermaga>> nggak ada orang sama sekali, sepiii...
akhirnya kita memutuskan untuk mengetuk salah satu rumah penduduk yang udah bangun buat nanya apakah beli tketnya beneran di dermaga. dan setelah mengetahui kebenarannya akhirnya kita kembali ke dermaga, dan beberapa saat kemudian bertemulah kita dengan seorang pria bernama "Bagas" dia juga mau naik speedboat ke marina dan dia ngajak join, "Iya, jadi kita taro tas dulu, trus entar jaganya shift"an aja. gw ber-18." katanya. dan setelah minta no. hpnya dia. kita yang belom solat subuh ini, mau solat dulu.. "Mas, kita mau solat subuh dulu ya." kata gw.
"oh, iya iya, santai aja."kata dia.

05.30 - setelah kita sarapan-lagi nasi uduk dan menikmati sunrise yang tidak jauh dari dermaga *berhubung ke jembatan jauh sangat..* kita kembali ke dermaga dimana udah ada beberapa orang yang terlihat mengantri, nah loh?? si bagas juga nggak ada. di telepon juga nggak bisa. dan stelah tanya boleh tanya kita ngeliat tas" didalem ruangan di depan loket tiket pembelian tiket ke marina dan ada beberapa enci" yang malah sewot ke kita karena kita kira" kenal si empunya tas" didalm, "YEE, nggak bisa gitu dong naro tas dari semalem. kita kan udah ngantri dari jam 5." sewot ibu" itu. gw ama wina juga nggak kalah sewot(karena merasa ditipu ama si BAGAS).. "Yee. Kita dari jam 4" jawab gw ama wina. dan ibu" beserta anak gadisnya itu pun terdiam.

setelah kita tanya ke temennya bagas, ternyata peraturannya kayak gini, "Iya, jadi tadi subuh kita uda ngantri, dan kata orang yang jaga, yang diitung tas yang ada didalem."kata temennya bagas.
"trus bagasnya mana?"tanya gw meminta pertanggungjawaban. dia sama kel. gw duluan kel.gw ngantrinya.
dan dengan enaknya temennya itu jawab, "bagasnya lagi sepedahan..."
Akhirnya dengan sewot gw ama wina tinggalin penginapannya bagas dkk. yang ada didepan dermaga sambil teriak ke ita yang stand-by di depan loket pembelian tiket ke angke, "TA, PESEN TIKETNYA!"

akhirnya setelah dengan sedikit dongkol, kita naik juga kapal yang katanya 'horor' itu buat ke angke, dan kita duduk diatas atap kapal, wuah.. berasa di titanic abiss deh... dan dengan seiring perjalanan... kekesalan kami berubah menjadi kesenangan... kami mulai merasa beruntung naik kapal ke angke, lebih menantang dan ...konyol.hahaha..
"Apa kata orang tua gw, kalo tau anaknya dikap kapal gini.."ujar ita dan wina sambil ketawa-ketawa. hahahah...


dan beberapa saat kemudian...diatas kapal. tiba-tiba kapalnya miring ke kanan-miring yang bener-bener miring dan kemudian kepala kapal kembali mengarah ke arah pulau tidung, mesin juga mati. kanan kiri mulai ada bisik-bisik.. "mampuss nih.. " "gw nggak bisa renang lagi." "aduh.. pulau terdekatnya jauh banget lagi.."..
dan ada teriakan dari bawah-inget, kita duduk diatap kapal-, "rantainya putus!"
heih..deg! wina udah mulai ngomong gini ke gw "li, nanti kalo kapalnya tenggelem gw pegangan ama lo ya."
gw: "eh, gila lo! mana bisa gw berenang sambil dipegangin."
wina: "nggak ntar gw juga berenang, tapi kan gw ntar lo yang ngarahin." - sambil megang kaki gw kuat".
gw :"win, jangan megangin kaki gw dong."
sementara ita juga mulai merapatkan barisan ke gw. nah, berhubung gw yang ngajak mereka ke tidung, gw lah yang harus bertanggung jawab.
nggak lama kemudian ada seorang bapak yang keluar dari ruangan kapten kapal sambil ngelus-ngelus jidat,
"Pak, kapalnya kenapa?"tanya gw mencoba memastikan keadaan nggak seburuk yang dipikirkan. dan ternyata keputusan gw untuk bertanya salah >>
"Stirnya patah mbak."jawab si bapak.

gw langsung menghela nafas dan kemudian mulai ada beberapa orang yang ikut mengatur strategi menyalamatkan diri. "Tenang aja. walaupun kapalnya tenggelem tenang aja." kata gw sok tenang. anyway berhubung gw suka berenang jadi tenang-tenang aja hahaha.. masalahnya peralatan elektronik nih yang bakalan hangus juga foto-foto keren.

Beberapa saat kemudian...
Yippie! dengan ridho dan doa akhirnya kita kembali berlayar dan dijalan kita sempet liat segerombolan lumba-lumba loh! :D *hebaat kan dijakarta masih ada lumba"
disepanjang pelayaran itu, wiina sempat tertidur dengan pulasnya, hebat nih anak walaupun gampang banget jatuh dari atap kapal ke laut dia masih bisa tidur pulass. *two thumbs up*

Setelah 3 jam-an dilaut akhirnya kita sampai juga di angke dimana air laut tidak lagi biru melainkan hijau kayak cendol dan banyak ornamen-ornamen unik diatasnya.


a little touched by god : andai aja BAGAS nggak 'menipu' kita, kita pasti nggak ngerasain serunya naik kapal nelayan menyebrangi lautan, serunya merencanakan penyelamatan diri dan duduk diatas kapal tanpa safety belt atau apapun itu layaknya pelaut ulung...bye bye marina walaupun lebih mahal 4ribu dari angke kita ngerasain serunya 'Indonesia'-you know what I meant-

anyway akhirnya ada seorang 'orang pulau'-sebutan untuk orang pulau seribu- yang ngambilin kacamata renang usang gw :D.

FYI : saya sangat tidak menyarankan anda yang ingin ke Pulau seribu naik dari Marina, pertama anda harus membayar kelebihan 13ribu(uang masuk ancol) dan anda harus ada disana jam 3 pagi atau telepon dulu lebih dulu. Naik dari angke nggak ada salahnya kok, nggak sehoror yang orang-orang katakan-asal dapet tempat yang pewe aja, cth: diatas kapal, jangan di dalem!)

nah ini dia rincian biayanya(dalam rupiah):
busway pergi : 2000
masuk ancol: 13.000
M15 : 2.000
02 : 2.000
01 : 2.000
kapal pergi : 33.000
penginapan : 50.000
sepeda/hr : 15.000
parkir sepeda 1.000
makan pagi : 4000 (nasi uduk dan bala-bala, lokasi : lurus aja dari dermaga adanya disebelah kiri)
kapal pulang 33.000 (23.000 kalo pelajar-ahh sayang kita nggak nunjukin KTM)
01 : 2.000
02 : 2.000
busway : 3.500
T15A : 3.500
TOTAL : 168.000

FYI : kita bawa makan siang dari rumah dan air 3 lt dan karena ketiduran kita juga nggak makan malem hahaha.. jadinya lebih murah deh :) kayaknya kalo sekali makan disana 12rb/sekali makan. jadi lebih baik bawa makan dari rumah kalo mau hemat lagi.

FYI 2: bagas... andai saja kamu baca blog ini.. semoga kamu menyadari kesalahan kamu*HP tidak stand-by dan malah asik sepedahan* dan tuhan memaafkannya
*karena saya dan teman-teman saya mengalami pengalaman yang meyenangkan diatas kapal angke :)*

Komentar

  1. hahahahahahahahah...
    klo inget bagas rasanya pengen gw acak2 mukanya..

    tapi seru banget tuh yang waktu kapalnya tiba2 mati...
    ><

    BalasHapus
  2. wah, sayang sekali liburan kali ini tidak jadi ke pulau seribu,
    kalau iya, pasti berkunjung ke pulau itu. kapan-kapan sajah :D

    BalasHapus
  3. @wiina: hhaha iya emang itu orang darimana ya kira2.

    @yudha: thanks for reading, feel free to ask yaa kalo mau jalan2 kesana. kalo mau join jalan juga bolehh. :D

    BalasHapus
  4. iyah, rencananya akhir bulan ini , liburan semester :D.. join???:D

    BalasHapus
  5. kalo skrg harganya brubah ga yak kira2?

    BalasHapus
  6. @yudha: waduhh jarang buka blog, maaf juga bulan kemarin saya sibuk kuliah -____-''

    @tukang: hmm sekalipun berubah, ga akan jauh deh kayaknya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

I quit my job. So, What?

23 Hari Flores (1)

Terima Kasih, Mantan!