The Beauty Of Jakarta - Pulau Tidung - Season 1


hai.. hai.. kita rehat dulu sejenak ke acara jalan ke P. tidung. YEah! ada yang nggak tau ini dimana? Ini ada di Utaranya D.K.I Jakarta, di gugusan kepulauan seribu..

akhirnya gw jadi juga kesini setelah berencana lebih dari satu bulan, mencari teman jalan adalah hal tersulit yang gw alami =.= maklumlah namanya juga masih berstatus anak sekolah...tapi akhirnya gw jalan bersama dua orang teman yang bernama Wiena a.k.a nenek dan Ita a.k.a mba betty, nah dengan bermodalkan info-info dari internet kita berencan naik kapal dari marina yang katanya memiliki harga sama kayak naik kapal dari angke, bedanya di fasilitas dan jam berlayarnya.

  • Dari muara angke: perjalanan bisa 2-3jam, naik kapal nelayan, kapalnya overcapacity, plus" bau disepanjang jalan dan di dermaga.
  • Dari marina : perjalanan 1 jam, kapalnya speedboat nan bersih dan enak, limited capacity(max.25 orang).
Akhirnya kita bertiga memilih untuk ke ancol dulu, nah ketemulah kita di depan Tamini Square jam 05.30, diantar mobil sampai terminal busway PGC, dan dengan PDnya kita langsung ke terminal yang di luar, sambil setengah lari karena ada bis yang lagi mau berangkat, "eh, asik" bisnya banyak tuh.."kata gw sambil ngeliat bis" busway yang lagi pada ngantri di shelternya.. dan ternyata setelah kita beli tiket yang seharga RP.2000,00, ternyata kita salah shelter dan seharusnya kita ke shelterPGC yang didalem.. hoo..=.="

FYI: Tiket busway dari jam 05.00-07.00 Rp.2000,00 loh :)

On Busway >> dengan tas-tas punggung yang lumayan gede dan style mau jalan", kita bertiga cekakak-cekikik (dasar anak sekolah hahah) di dalem busway di antara orang" berpakaian kerja yang masih wangi-wangi hmmm ^_^.. dan anyway ada 3 orang di depan gw yang tidur dengan pulasnya(ada yang mangap loh..) pas busway baru aja berangkat dari shelter..-wah sepertinya mereka pekerja-pekerja keras nih..

Ancol: setelah sampai di ancol, kita membeli tiket masuk dan gw bertanya pada pegawainya arahnya ke marina dari shelter busway -sementara dua temen gw masih sibuk ngeluarin duit =.=",

gw : "mas, klo mau ke marina jalannya dari mana ya?"
Mas: "ohh...lurus ajaa."dengan muka ngantuk.
gw: "hah? lurus kemana ya?" bener dong.. lurus kan banyak bisa ke barat atau ke timur.
mas: " itu tuh... lurus ke bawah, ngikutin jembatan?" dengan sedikit nada kesal.
gw: "Iya, ngikutin jembatan, trus kalo udah sampe dibawah kemna?" gw udah mulai sedikit gondok. yaiyalah, satu"nya jalan kan ke bawah, pasti turun lewat jembatan busway.nya..yang gw tanya kan dari bawah kemana arahnya.
mas: "ya, gitu deh pokoknya, lurus ajaa.."
gw: mengerinyitkan dahi, "Lurus kemana?" klo gw lurus doang turun dari jembatan ya pasti gw ketemunya tembok. haduhh,,, nih orang.
mas: "ya, pokoknya sampe dibawah lurus aja ngikutin jalan.."
gw : "Iihhhh.."dalem hati berteriak kesal.

yak, daripada gw capek" ngetik dialog gw dengan mas" yang setengah ngantuk ini, lebih baik gw kasih tau kesimpulannya, kesimpulannya >>
kita bertiga ketemua sama tukang sapu dibawah yang dengan jelasnya memberitahu, "Dari sini, mba ke kiri, trus lurusssssss aja. nanti juga ketemu."

nah, akhirnya kita mulai berjalan menyusuri sungai di ancol yang berwarna agak kelam itu... melihat tanda" banyaknya kapal yacht.. nah pas lagi jalan kita ngeliat tulisan" "dermaga 2".. mulai lah ada tanda tanya, dermaga berapa beli tiketnya...akhirnya mba betti berinisiatif nanya sama bapak", dan kata si bapak" "ohh.. mau ke pulau ya. Beli tiketnya di dermaga 21."
kita bertiga sontak liat tulisan diatas pintu dermaga didepn kita, "Dermaga 3"..

wiena : "Hah?! gila berarti masih *ngitung pake jari*..18 dermaga lagi dong?"
gw: "ya, kayaknya sih gitu hahaha" melihat ujung jalan yang luruuuuuusssss itu....

Di Dermaga 21 >> sudah ada keramaian orang" yang mengantri, ada sebuah tenda berwarna putih dengan sebuah lobang sebagai tempat beli tiket, dan akhirnya kita pun mulai mengantri, dan ternyata baru aja nyari posisi ngantri ada tulisan "TIKET P.TIDUNG HABIS"..

yah... akhirnya dengan berat hati kita pergi dari dermaga 21... jam masih menunjukan puku; 07.00... setelah berdiskusi cukup lama(masih di ancol)... kita memutuskan naik kapal dari angke yang jam 13.00 (kata bapak" yang lagi kongkow-kongkow di pinggiran sungai). Soal penginapan-lumayan murah, gw uda catet contact person yang gw dapet dari blognya Lathiful Amri, nah jadinya tinggal telepon dan akhirnya bisa diusahakan kita nggak menumpang di masjid sekitar(niatnya begitu tadinya hahaha).

setelah leyeh-leyeh di sekitar ancol, menghabiskan waktu, akhirnya jam 9 kita cabut ke Angke, mulai lah kita bertiga tanya-tanya jalan kesana, dan akhirnyaa setelah nyebrang jalan depan Ancol(yang memacu adrenalin- ga percaya? cobain aja.), kita naik M15 dari depan ancol, trus nyambung lagi naik 02 dari kota (kayak kopaja gitu), trus nyambung lagi naik U01 dari depan Metmall... dan jalan sedikit(banyak sih sebenernya soalnya kita ditipu ama abang angkotnya yang bilang "Lurus ajaa neng."-sial..) kita sampe di sebuah dermaga(yang sama sekali tidak terlihat seperti dermaga) muara angke.

banyak warung-warung gitu, trus ada kapal-kapal nelayan, dan tidak ada sejenis tempat pembelian tiket, mulailah kami bertiga bertanya-tanya, "beli tiketnya dimana ya?"
nah berhubung ada mbak-mbak yang dari travel, dia akhirnya ngasih tau, kalo kita cari kapalnya dulu baru bayarnya diatas kapal.. nah setelah akhirnya gw-FYI: gw mulu nih yang kebagian tanya-tanya- tanya-tanya ke kapal (yang kira" mau jalan),dengan teriak-teriak di dermaga ama orang diatas kapal "PAK, KAPALNYA KE TIDUNG NGGAK?!"-sementara dua teman gw sibuk memperhatikan gw dari warung kopi.. =.=

akhirnya ada kapal besar gitu yang bilang mau ke tidung, mengingat-ingat kata orang" di blog klo naik kapal dari angke itu 'horror' karena suka overcapacity, ternyata eh ternyata pas kita bertiga masuk kapal ternyata cuma ada sekitar 10-orang-an termasuk kita bertiga :) Yippie! udah gitu yang punya kapal walaupun tampangnya serem ternyata suka cerita" juga.. mantablah pokoknya, bisa guling-guling didalem kapal, udah gitu kapalnya baru lagi :) dan setelah maintenance selama 3 jam, karena sebenernya mereka lagi tes mesin/percobaan kapal baru gitu dan KITA PENUMPANG PERTAMANYA YEAH!. Ketika efek antimo yang kita minum mulai hilang, akhirnya jam 12.00-an..kita berangkat dari angke menuju pulau yang terkenal dengan jembatan antar pulaunya




a little touched by god: andai aja nggak ada kapal yang lagi tes mesin(baca: kapal yang kita naik-in ini) maka hari itu kita harus pulang dengan tangan kosong, karena ternyata eh ternyata kalo hari biasa nggak ada atau jarang ada kapal yang jam 13.00. once more time, thanks god :)

Komentar

  1. i am a beginner in backpacker
    thanks for your nice info

    BalasHapus
  2. hahahahahahaha........
    sumpah yakk klo inget tuh perjalanan dari dermaga 3 ke dermaga 21 kaki gw rasanya sakit bangetttt...
    ><

    BalasHapus
  3. hahahaha!
    aduh gw sama grc bener2 ga bisa ikut lagi magang..



    ang it really really is A little touched by God

    BalasHapus
  4. @ita: kapan" ikut lagi yaaa... :) tapi masih lama... maybe it'll my last trip with closed members :').

    @wina: haahaah... baru jalan segitu aja jugaa..

    @sammuel: thanks keep reading yaa :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

I quit my job. So, What?

23 Hari Flores (1)

Terima Kasih, Mantan!